Tesla Bookmarks

Rafael Tan Jualan Bakso Aci Saat Permasalahan Ekonomi, Link Alternatif Nine303 Sempat Malu dan Sempurna Berpindah ke Garut

Nama Rafael SMASH kembali melambung gara-gara konten seblak coet di TikTok. Jauh dari image karyawan boyband yang selama ini melekat, laki-laki berumur 36 tahun ini tampil lebih apa adanya saat bikin konten seblak dan jajanan istimewa Bandung lainnya.

Menariknya Sedang Rafael ngonten dengan bahasa Sunda yang fasih. Kini dia juga lebih sering tampil pakai sarung dan kaos oblong. Citra yang sederhana itu ternyata lebih disukai publik.

Namun sebelum namanya kembali bersinar, Rafael sempat mengidap problem ekonomi. Lebih-lebih di masa pandemi Covid-19, kala pekerjaannya seumpama pendendang Situs Nine303 seolah tertangguh total. Pendapatannya pun menurun drastis.

“Sempat tidak punya kerjaan sama sekali di entertainment malahan pas pandemi Tempo hari Saya bukan punya pegangan apa-apa, ngonten di medsos juga bukan melaksanakan apa-apa,” tutur Rafael di YouTube Deddy Corbuzier, dikuti.

Untuk menghentikan kepentingan ekonominya, Rafael pun memutar otak. Dia kahirnya upaya kecil-kecilan dengan berjualan bakso aci. Namun sangat disayangkan penghasilannya tidak signifikan.

Mandiri Berjualan Bakso Aci

Jadi sempat jualan bakso aci juga pas pandemi karena sama sekali tak ada Fardu Jualan bakso aci Bulat selaku-lakunya ya segimana sih, paling bayar listrik habis, jadinya ya finis gue mutusin untuk ulang ke Garut,” jelasnya.

“Tiga bln berdiam tuh jualan bakso aci, buletin Perorangan bikin Ahad order gojek untuk kirim-kirimnya Individual Itu capek Banget capek iya, malu pun iya. Halal kan orang-orang, ‘Ih, gila ya si Rafael’ tapi bodo amat,” sambungnya.

Kembali ke Garut dan Membengkalaikan Ibu Kota

Karena upah dari muslihat bakso aci tengah tak mengamalkan seluruh kebutuhan hidupnya, alhasil dia menginjakinjak Jakarta dan kembali ke rumah orangtuanya di Garut, Jawa Barat.

“Karena bagaimana caranya agar bisa Bersi kukuh cicilan masih ada Pula Terakhir-terakhir enggak nutup Serta bagaimana ya caranya, ya usai olak tinggal aja deh ke Garut. At least makan bisa dari nyokap, bareng, patuh makan di Garut pun enggak terlalu mahal,” terangnya.

Jualan Seblak

Ambo khatam mikir, oh ya berakhir bantuin keluarga aja, paling saya jual apartemen di Jakarta mungkin nantinya,” imbuhnya.

Namun saat ini tentu perekonomiannya usai lebih stabil. Sejak ramuan seblak buatannya viral, dia menjadikan ini andaikan ladang Bergerak Kini, seblak buatannya bisa terjual hingga 500 bungkus per hari.

Leave Your Comment